PROFIL
PROFIL
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
STANDAR PELAYANAN PUBLIK
KONTAK
KONTAK
TRANSPARANSI KEUANGAN
TRANSPARANSI KEUANGAN
SATU DATA
SATU DATA
LAIN-LAIN
LAIN-LAIN

Pemeriksaaan SDIDTK di TK Lestari

Pemeriksaaan SDIDTK di TK Lestari

Kegiatan SDIDTK oleh Puskesmas  1 Denpasar barat kali ini dilakukan di TK Lestari yang bertempat di Jl. Gunung Cemara No.62, Tegal Harum, Kec. Denpasar Barat.

Mengingat perode 2 tahun pertama ini merupakan masa yang "relatif pendek" dan tidak akan terulang kembali , maka orang tua dan keluarga harus memanfaatkan periode yang singkat ini untuk membentuk anak kearah yang positif dengan cara memberikan masukan /pembelajaran nilai nilai positif, memberikan asupan nutrisi dan gizi seimbang , memberikan stimulasi yang tepat serta memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi balita. Setiap anak perlu mendapatkan stimulasi rutin sedini mungkin dan terus menerus pada setiap kesempatan. Kurangnya stimulasi dapat menyebabkan penyimpangan tumbuh kembang anak, bahkan gangguan menetap. Pembinaan tumbuh kembang anak secara komprehensif dan berkualitas di perlukan untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal. Pembinaan ini meliputi kegiatan Stimulasi , Deteksi, Intervensi Dini Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak ( SDIDTK).

Pemeriksaan SDIDTK meliputi:

1. Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan meliputi :

a. Pengukuran Berat Badan

b. Pengukuran Panjang badan/Tinggi Badan

c. Pengukuran lingkar kepala

2. Deteksi Dini Penyimpangan Perkembangan meliputi :

a. Pemeriksaan mengunakan Kuisoner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) untuk gerak kasar, gerak halus, bicara-bahasa, kemandirian dan sosialisasi

b. Tes daya dengar (TDL)

c. Tes daya lihat (TDD)

3. Deteksi Dini Penyimpangan Perilaku Emosional dan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas ( GPPH)

Share
Tags